Aplikasi Raport K13 - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Raport K13

Menjelang pembagian raport siswa, tiap wali kelas biasanya disibukkan dengan kegiatan mengisi raport siswa. pekerjaan ini menjadi cukup berat bagi para wali kelas mengingat jumlah nilai siswa dan mapel yang diinput ke dalam raport.
karena itu pada artikel kali ini saya ingin berbagi Aplikasi Raport k13 yang dapat membantu sobat dalam mengisi raport siswa.

Aplikasi G-Raport K13

G-Raport K13 adalah Aplikasi Raport K13 yang telah dikembangkan dari tahun 2014 sampai saat ini (2022). Aplikasi ini bisa digunakan di jenjang SD dan MI, SMP dan MTs, SMA dan MA, dan jenjang SMK. Aplikasi ini juga telah membantu banyak sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia dalam pengisian Raport K13 siswa. 

Awal%20G-Raport%20K13

Besarnya antusias dan kepercayaan para wali kelas dengan kualitas G-Raport K13 membuat kami yakin bahwa G-Raport K13 adalah salah satu Aplikasi Raport K13 yang menjanjikan sebuah kemudahan bagi Sekolah.

Anda tidak butuh terlalu banyak waktu dan perhatian dalam menjalankan aplikasi program ini, cukup perhatikan dan baca panduan kerjanya di jamin semua pengguna langsung dapat mengerti.


Download Aplikasi Raport K13

Untuk mencoba Aplikasi Raport K13 anda bisa download Software G-Raport K13 di link di bawah ini  : 

Fitur dan Kemudahan Menggunakan G-Raport K13

Aplkasi Raport K13 memliki fitur-fitur yang dibutuhkan oleh wali kelas yang dapat memberikan kemudahan bagi guru kelas atau wali kelas dalam mengisi Raport K13 siswa.

Kemudahan dalam menggunakan G-Raport K13 :

  • Wali kelas bisa menambah, menghapus dan mengedit data mata pelajaran, ekstrakurikuler, deskripsi, batas nilai (predikat).
  • Menampilkan foto siswa pada lembar identitas diri.
  • Import data siswa dari excel untuk mempermudah pengisian data siswa.
  • Import nilai dari excel, untuk mempercepat pengisian nilai.
  • Gunakan atau tidak nilai merah.
  • Tampilkan atau tidak ranking siswa.
  • Pengaturan batas ranking/peringkat yang ingin ditampilkan.
  • Pilihan menggunakan ranking desimal atau ranking romawi.
  • Beberapa font laporan.
  • Backup data.
  • Bisa mencetak raport per siswa atau satu kelas sekaligus, atau atur sesuai keinginan.
  • Akurasi data lebih terjamin.
  • dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang dapat mempermudah wali kelas dalam mengisi Raport K13 siswa.

    Tambahan Pada G-Raport K13 Versi 6.0

    Selama ini G-Raport K13 tetap berusaha memperbaharui fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini untuk memuaskan penggunanya. Pembaharuan terakhir aplikasi adalah versi ke enam.

    Fitur-fitur yang ditambahkan pada versi 6 adalah sebagai berikut : 

    • Menyesuaikan dengan format Raport K13 terakhir
    • Penambahan KKM Mapel
    • Pengaturan TTD Keps ek dan beberapa tambahan lainnya.

      Pengaturan Aplikasi Raport K13

      Aplikasi G-Raport K13 menyediakan beberapa fitur pengaturan agar lembar raport siswa yang dihasilkan atau dicetak bisa terlihat lebih menarik, dan menyesuaikan dengn kebutuhan sekolah atau madrasah pengguna G-Raport K13. Contoh fitur-fitur yang disediakan diantaranya adalah pengaturan ranking siswa, warna kolom, tanda tangan kepala sekolah atau kepala madrasaha dan yang lainnya.

      Untuk lebih jelasnya kita akan membahas satu per satu fitur pengaturan dalam aplikasi ini.

      Warna Format

      Fitur warna format ini Anda gunakan untuk mengatur warna pada kolom header pada laporan. Hasil dari pengaturan fitur ini akan terlihat di lembar Sikap Spiritual dan Sosial, Lembar Nilai Siswa, Lembar Deskripsi, Lembar Ekstrakurikuler, Lembar Prestasi dan Lembar Daftar Urut Ranking.

      Font Laporan

      Fitur ini anda bisa gunakan untuk mengubah Nama Font dan ukuran font yang dipakai di lembar raport siswa. Hasil dari penggaturan ini akan terlihat di semua lembar raport siswa.

      Warna Merah Untuk Nilai Kurang Dari KKM

      Fitur ini digunakan jika kita ingin menggunakan warna merah untuk nilai siswa yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Fitur ini memang sudah sangat jarang digunakan bahkan dari semua pengguna aplikasi G-Raport K13 belum pembuat aplikai belum tahu apakah ada pengguna aplikasi yang menggunakan fitur ini. Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan menghilankan tanda centag pada Beri warna merah untuk nilai kurang dari KKM.

      Warna Selang Baris

      Agar lembar raport siswa terlihat menarik dan jelas untuk dibaca, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memberi selang warna baris pada laporan. Fitur ini akan memberikan selang warna pada baris laporan yang berupa warna putih dan warna yang diatur di pengaturan. Hasil dari pengaturan fitur ini akan terlihat di Lembar Nilai Siswa, Lembar Deskripsi, Lembar Ekstrakurikuler, Lembar Prestasi dan Lembar Daftar Urut Ranking.

      Tampilkan Ranking

      Fitur ini Anda bisa gunakan untuk menampilkan atau tidak ranking siswa, untuk menampilkan ranking siswa Anda bisa memberi tanda centang pada Tampilkan Ranking. Dan sebaliknya jika tidak ingin menampilkan ranking siswa maka Anda bisa menghilangkan tanda centang pada Tampilkan Ranking. Jika Anda mengaktifkan fitur ini maka di bawahnya akan ada fitur lanjutan untuk mengatur tampilan ranking siswa. Hasil dari pengaturan ini akan telihat di Lembar Nilai Siswa.

      Ranking/Peringkat

      Jika pada fitur Tampilkan Ranking Anda memilih untuk menampilkan ranking maka pada fitur ini Anda bisa mengatur kata yang Anda gunakan yang akan tampil di Raport Siswa. Anda bisa memilih untuk menggunakan kata Ranking atau Peringkat, atau Anda bisa menggunakan kata lainnya dengan mengetik manual di kolom yang ada. Seperti pada pengaturan Tampilkan Ranking, Hasil pada pengaturan ini akan terlihat di Lembar Nilai Siswa.

      Pengaturan Total Nilai

      Pada fitur ini Anda bisa mengatur rumusan Total Nilai Niswa, di mana  total nilai siswa ini nantinya akan menentukan ranking yang diperoleh siswa. pilihan pada pengaturan ini ada 2 yaitu :

      • Pengetahuan : Anda bisa memilih pengaturan ini jika Anda ingin total niai dihitung dari nilai pengetahuan saja, tanpa mengitung nilai keterampilan siswa.
      • Pengetahuan dan Keterampilan : Anda bisa memilih pengaturan ini jika Anda ingin total niai dihitung dari nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.

      Batas Ranking Yang Ingin Ditampilkan

      Pada fitur ini Anda bisa mengatur batas ranking yang ingin ditampilkan, Anda bisa memilih Semua Ranking jika Anda ingin menampilkan semua ranking siswa, atau jika Anda ingin membatasi ranking yang ingin ditampilkan maka Anda bisa memilih Ranking 1 s/d kemudian mengisi batas ranking yang Anda inginkan pada Textbox yang ada di sebelahnya.

      Ranking Desimal/Romawi

      Pada fitur ini Anda bisa memilih tampilan ranking siswa berupa angak desimal atau romawi. Kebanyak pengguna aplikasi G-Raport K13 menggunakan angka romawi dalam menampilkan rangking siswa.

      Batas Nilai dan Deskripsi

      Pada fitur ini Anda bisa menentukan rentang nilai dan deskripsi untuk masing-masing predikat A, B, C dan D. Anda bisa membedakan rentang nilai dan deskripsi per Mata Pelajaran, atau Anda bisa juga memberikan rentang nilai yang sama dengan mudah menggunaka fitur yang ada pada form pengaturan batas nilai dan deskripsi. Hasil dari pengaturan ini akan terlihat di Lembar Nilai Siswa dan Lembar Deskripsi.

      Tanda Tangan Kepala Sekolah

      Pada fitur ini Anda bisa mengatur di lembar apa saja kepala sekolah akan tanda tangan, Anda bisa memberikan tanda centang pada lembar yang akan ditanda tangani oleh kepala sekolah atau madrasah atau menghilangkan tanda centang pada lembar yang tidak membutuhkan tanda tangan kepala sekolah atau madrasah.

      Perbandingan Raport K13 Versi Trial vs Versi Full

      Untuk mencoba G-Raport K13 tanpa harus membayar anda bisa menggunakan versi trial dari Aplikasi Raport K13 ini dengan gratis. Tapi tentunya aplikasi trial memiliki hak akses yang terbatas yang tidak dimiliki ketika anda menggunakan Versi Full dari aplikasi ini. 

      Tapi, apa saja sih yang menjadi perbedaan versi trial dan versi full dari aplikasi G-Raport K13? Untuk melihat perbedaannya anda bisa melihat tabel di bawah ini :

      Aplikasi Raport K13 SD dan MI – Versi Trial vs Versi Full

      Fitur

      Versi Trial

      Versi Full

      Nama Sekolah

      SD CONTOH G-RAPORT

      Disesuaikan

      Jumlah maksimal mata pelajaran

      8

      16

      Jumlah maksimal ekstrakurikuler

      5

      20

      Aplikasi Raport K13 SMP dan MTs – Versi Trial vs Versi Full

      Fitur

      Versi Trial

      Versi Full

      Nama Sekolah

      SMP CONTOH G-RAPORT

      Disesuaikan

      Jumlah maksimal mata pelajaran

      9

      24

      Jumlah maksimal ekstrakurikuler

      5

      20

      Aplikasi Raport K13 SMA dan MA – Versi Trial vs Versi Full

      Fitur

      Versi Trial

      Versi Full

      Nama Sekolah

      SMA CONTOH G-RAPORT

      Disesuaikan

      Jumlah maksimal mata pelajaran

      15

      25

      Jumlah maksimal ekstrakurikuler

      5

      20

      Aplikasi Raport K13 SMK – Versi Trial vs Versi Full

      Fitur

      Versi Trial

      Versi Full

      Nama Sekolah

      SMK CONTOH G-RAPORT

      Disesuaikan

      Jumlah maksimal mata pelajaran

      15

      25

      Jumlah maksimal ekstrakurikuler

      5

      20

      Daftar Sekolah dan Madrasah yang Telah Registrasi G-Raport K13

      G-Raport K13 telah di pakai di ribuan sekolah. berikut adalah sekolah yang telah memesan kode registrasi G-Raport K13 sejak tahun 2014 sampai sekarang ini (2022) :

      1. MI DARUL MAARIF
      2. SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA
      3. SD NEGERI 177035 LONTUNG DOLOK
      4. SD NEGERI 2 SIMEULUE BARAT
      5. SD NEGERI 5 WAWONII TENGGARA
      6. SD NEGERI 7 AKAR-AKAR
      7. SD NEGERI KULATI
      8. SDIT TELADAN IMAM SYAFII
      9. SDN 125X SUNGAI CEMARA
      10. SDN 154VI AIR LIKI II
      11. SDN 177035 LONTUNG DOLOK
      12. MA AL-ASKAR
      13. SMA AL-ASIYAH
      14. SMA AL-MA'ARIF SINGKUT
      15. SMA NEGERI 1 PARONGPONG
      16. SMAI TELADAN IMAM SYAFII
      17. SMAS ILMIAH KENDARI
      18. SMTK MARTURIA SENTANI
      19. SMK MA'ARIF 1 SEMAKA
      20. SMK NEGERI 1 OKABA
      21. SMK YASBAH CARENANG
      22. MTs AL MANAR
      23. SD NEGERI 13 SIMEULUE BARAT
      24. SMP INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM
      25. SMP ISAM TERPADU (IT) BAITUL QUR'AN
      26. SMP ISAM TERPADU BAITUL QUR'AN
      27. SMP ISLAM CIJAYANA
      28. SMP ISLAM MUTIARA QUR'AN
      29. SMP ISLAM NURUL IKHLAS
      30. SMP IT BAITUL QUR'AN
      31. SMP IT TAHFIDZUL QUR'AN MAJENE
      32. SMP MUHAMMADIYAH 1 SAPEKEN
      33. SMP NEGERI 02 OMESURI
      34. SMP NEGERI 1 CEMPAGA
      35. SMP NEGERI 2 OMESURI
      36. SMP NEGERI 4 HURUNA
      37. SMP S AL-MA'ARIF SINGKUT
      38. SMP TERADU AL-MURIDIYAH
      39. SMP THOLABUL ILMI
      40. SMPN 2 OMESURI
      41. UPTD SPF SMP NEGERI 3 SURO

      59 komentar untuk "Aplikasi Raport K13"

      1. Trims ya softwarenya.... tentunya sangat membantu sekali bagi guru-guru.

        Fathul- Madrasah Al Fatah Malang

        BalasHapus
      2. Makasi ton, oya, kalo kita rubah agar jadi raport SMK bagaimana caranya ya

        BalasHapus
      3. oya pak, kalo untuk merubahnya menjadi raport smk bagaimana caranya ya

        BalasHapus
      4. Terima kasih...G-Raport sangat membantu dan sangat bermanfat bagi madrasah kami.

        BalasHapus
      5. Terima kasih sangat membantu dan bermanfaat bagi madrasah kami. MA. Al-Husna Darussalam

        BalasHapus
      6. cara belinya gimana pak? kok tidak ada linknya. mohon infokan ke email math4mail@gmail.com

        BalasHapus
      7. cara belinya gimana pak? kok tidak ada linknya. mohon infokan ke email piliang.erialjon@gmail.com

        BalasHapus
      8. cara belinya gimana pak? kok tidak ada linknya. mohon infokan ke email piliang.erialjon@gmail.com

        BalasHapus
      9. Asslm. Alaikum, saya tertarik dengan aplikasi G-Raport Cuma kami perlukan aplikasi khusus SMK. Tks

        BalasHapus
      10. kalo aplikasi khusus smk gimana pak?

        BalasHapus
        Balasan
        1. akan kami buatkan juga pak. setelah Raport SD

          Hapus
      11. Aslmkm..wr.wb.

        Mhon Maaf pak, kami dari pelosok timur indonesia (sangatta, kutai timur kaltim).
        Kami minta format penilaian dan Format Raport untuk SD. Kami tunggu ya... Jika berkenan kirim via email kami agusabbas@gmail.com

        BalasHapus
      12. Aslkm..wr.wb.
        Mohon maaf pak diminta format nilai dan raport kurikulum 2013 untuk SD ya..
        Bisa dikirim ke agusabbas@gmail.com
        Trimakasih

        BalasHapus
      13. Kalau Raport SMK sdh jadi tolong sya diberitahu ke 081 321 833 980. Trimakasih sblmnya.

        BalasHapus
        Balasan
        1. OK, nanti akan kami informasikan

          Hapus
        2. sekiranya tidak berkeberatan mohon kirim passwordnya memang sangat berarti buat anda yg membuatnya dan juga sangat berati lagi bagi saya yg memerlukan sofware ini karena mengurangi sedikitny beban kerja saya di waka kurikulum ,trims

          Hapus
        3. Passwordnya gak perlu pak, cara bukanya harus melalui aplikasi. ada panduannya pak.

          Hapus
      14. gmana cara resgester aplikasinya biar muncul nama SD kita? sy dari SDn 24 mataram pak

        BalasHapus
      15. Saya coba Download yang Raport SMP kok hasil Downloadnya Raport SMA ya gan??
        Mohon Petunjuknya.
        Terima Kasih.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Sori bang, waktu update kemarin saya salah upload. silahkan didownload lagi.

          Hapus
      16. Ada aplikasi nilai guru kurikulum 2013 SD/MI Pak...?

        BalasHapus
      17. makasih nichh,, praktis bingithhh

        BalasHapus
      18. Terimakasih banyak pak mustilan telah berbagi informasi dan membantu kami sbg guru. smg kebaikan bapak dibalas oleh Allah swt. :)

        BalasHapus
      19. untuk merubah nama sekolahnya bagaimana,paswordnya apa pak?

        BalasHapus
      20. gmana cara resgester aplikasinya biar muncul nama sekolah kita bang? MAN CIJANTUNG

        BalasHapus
      21. Aplikasi g Raportnya untuk deskripsi antar mata pelajaran siswa terakhir kok tidak muncul

        BalasHapus
      22. Deskripsi antar mapel sudah fix silahkan didownload lagi

        BalasHapus
      23. Assalamualaikum
        KAami sudah melakukan instalasi G-Raport bapak, tapi kami masih bingung untuk melakukan registrasi. Bagaimana caranya untuk registrasi ?
        Terima kasih
        wiwitbambangpriyanto@yahoo.com
        085740451638

        BalasHapus
      24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
      25. gima cara mendapatkan kode register

        BalasHapus
      26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
      27. Selamat Pagi, Saya sudah melakukan transver via mandiri a.n Charles Luis yaas. Kira-kira kapan ya saya bisa mendapatkan registrasinya. thx

        BalasHapus
      28. trima kasdih atas infox pak

        BalasHapus
      29. minta registrasinya dan persyaratannya tolong kirim ke budkomp@gmail.com

        BalasHapus
      30. minta registrasinya dan persyaratannya bos...........kirim ke 085228843634

        BalasHapus
      31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
      32. MOHON KIRIM REGISTER PATRA_CUB@YAHOO.CO.ID

        BalasHapus
      33. ijin unduh aplikasi raportnya mas.......

        BalasHapus
      34. Batas nilai sesuai permendikbud tahun 2014 no 104 berubah lagi rentang nilai yang baru pada aplikasi g raport belum bisa menyesuaikan mohon di tambahkan lagi rentang nilai yang baru terima kasih.

        BalasHapus
      35. Pak Aprial mohon bantuannya ya, saya Aulia dari SMK N 1 Takengon. Form Nilai hanya satu sedangkan mata pelajarannya banyak, bagaimana sistem import nilanya ? apakah satau-satu Mata pelajaran di import? Mohon bantuannya terima kasih

        BalasHapus
      36. pak Aprial kenapa G-raport di detecsi sebagai virus oleh antivirus AVAST
        bagaimana cara update G-raport versi 2.0 ke versi barunya.
        trimakasih sebelumnya.

        BalasHapus
      37. mohon dikonfirmasi ke email sman1bandar@yahoo.co.id

        BalasHapus
      38. Pak aprial kenapa tidak bisa pakai kode reg dulu, terus nilai asli mapel no urut 1, mis 71 terus di preview capaian kompetensi munculnya bukan 71 tapi 39

        BalasHapus
      39. Pak mo nanya knp kode register dan nama sekolah saya di baca ga cocok, sya sudah coba berulang2 tp ga jd juga dari MTs Negeri Kotamobagu

        BalasHapus
      40. SANGAT BERMANFAAT DAN SANGAT MEMBANTU DALAM MENGINPUT NILAI KAMI BEMINAT

        BalasHapus
      41. Bisa pemesanan aplikasi pak

        BalasHapus
        Balasan
        1. masih bisa pak.. silahkan hubungi nomor yang ada di aplikasi.

          Hapus
      42. saya ingin mendapatkan yang full, bagaimana carannya bapak? mohon bantuannya 081249155117

        BalasHapus