Fungsi VLookup di Microsoft Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi VLookup di Microsoft Excel

VLookup

Fungsi vlookup digunakan untuk memanggil data dalam tabel yang sudah dibuat sebelumnya dengan hanya memasukkan lookup value, selanjutnya fungsi vlookup akan mencari data pada tabel secara vertikal yang sesuai dengan lookup value yang dimasukkan.

Contoh penggunaan fungsi vlookup seperti memanggil data siswa menggunakan nomor induk siswa, yang hasilnya nanti akan berupa nama siswa, jenis kelamin, alamat, agama dan lainnya. contoh lain penggunaan fungsi ini seperti memanggil data barang pada tabel inventaris barang menggunakan ID barang, biasanya hasilnya berupa nama barang, harga jual, harga beli, stok minimal dan yang lainnya.


Penulisan Fungsi VLookup

Fungsi VLookup memiliki 4 parameter yaitu : lookup_value, table_array, col_index_num dan [range_lookup]. Ke-empat parameter tersebut akan diberikan nilai sesuai dengan data yang kita butuhkan dengan penulisan sebagai berikut :

=VLookup(lookup_value;table_array,col_index_num;[range_lookup])

Keterangan Parameter

lookup_value merupakan nliai yang dicari yang dijadikan nilai kunci. nilai ini biasanya diambil dari kolom paling kiri dari suatu tabel yang menjadi tabel referensi. nilai ini bisa diisi dengan berbagai type data baik itu teks, angka, tanggal ataupun type data yang lainnya. nilai ini bisa diisi secara langsung dirumusnya atau juga bisa diambil dari nilai cell yang menjadi referensi (cell yang akan diisi dengan nilai pencarian).

tabel_array merupakan tabel yang akan dijadikan referensi pencarian. tabel ini harum memiliki lebih dari dua kolom yang mana kolom yang menjadi lookup_value berada di paling kiri.

col_index_num adalah nomor kolom dari tabel referensi yang berisi nilai yang akan ditampilkan. contohnya, jika tabel referensi memiliki range C2:F7 makan anda harus menghitung C sebagai kolom pertama, D sebagai kolom kedua dan setersunya.

range_lookup] merupakan parameter yang bisa anda isi dengan TRUE atau FALSE. jika anda hanya ingin menampilkan nilai kembali yang sama persis, anda bisa mengisi parameter ini dengan nilai FALSE, dan jika anda ingin nilai kembali meskipun hanya sekedar mendekati anda bisa mengisi parameter ini dengan TRUE.

Cara menggunakan Fungsi VLookup

Langkah-langkah menggunakan VLOOKUP :

  1. Buka Microsoft Excel
  2. Buat tabel dengan 2 kolom yaitu ID dan NAMA, buat kolom tersebut pada kolom B dan C seperti gambar di bawah 
  3. beri nama tabel yang sudah anda buat dengan blok seluruh tabel, lalu klik kanan dan pilih name range
  4. pada kolom name beri nama tabel anda, pada contoh ini kita beri nama "IDANAK"
  5. pada Cell F3 beri fungsi vlookup sebagai berikut : =VLOOKUP(F2;IDANAK;2;FALSE)
  6. selanjutnya coba isi Cell F2 dengan salah satu ID pada tabel IDANAK,
  7. Cell F3 akan menampilkan nama dari ID yang anda masukkan pada Cell F2

Vlookup dengan combolist

Untuk memudahkan pengguna menginput lookup_value atau nilai yang dicari, kita bisa memberikan combolist pada cell yang digunakan untuk memasukkan lookup_value. contoh pada tabel yang kita gunakan sebelumnya, kita akan membuat combolist pada cell F2 yang mana combolist ini nanti akan berisi sama seperti kolom ID pada tabel referensi.

Membuat combolist

Kita bisa menggunakan fitur data validation untuk membuat combolist. untuk membuat combolist dengan data anda bisa ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Select pada cell yang ingin anda buat combolist. pada contoh ini saya select cell F2
  2. Klik tab Data lalu pada tool pilih Data Validation. 

  3. pada jendela pengaturan data validation isi kolom Allow dengan List dan isi kolom source dengan kolom yang menjadi lookup_value dalam contoh ini saya pilih $B$3:$B$10. lalu klik OK. 

  4. Selesai. sekarang cell F2 berisi data yang ada pada kolom lookup_value yaitu kolom $B$3:$B$10 seperti pada gambar di bawah : 

Baik teman-teman itu saja tulisan kali tentang Fungsi Vlookup di Microsoft Excel. anda juga bisa mengkombinasikan fungsi ini dengan fungsi-fungsi lainnya di excel. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fungsi VLookup di Microsoft Excel"