Aplikasi Tata Tertib Sekolah (TATIBs 4.0) | Poin Pelanggaran Siswa - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Tata Tertib Sekolah (TATIBs 4.0) | Poin Pelanggaran Siswa

Aplikasi TATIBs digunakan untuk menyimpan data pelanggaran siswa terhadap peraturan-peraturan sekolah yang telah ditentukan, baik pelanggaran ringan ataupun pelanggaran berat. TATIBs juga membantu dalam menentukan sanksi kepada siswa berdasar pada poin per pelanggaran ataupun total poin semua pelanggaran siswa.

 DOWNLOAD APLIKASI TATIBs 

Bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi poin pelanggaran siswa ini, kamu bisa download di link di bawah :

MENU-MENU APLIKASI TATIBS 

Data Induk

Pada menu ini pengguna aplikasi ini bisa mengolah data sekolah seperti Nama Sekolah, NPSN, Aalamat Sekolah, dan Lainnya.

Data Siswa

Pada form data siswa pengguna aplikasi ini bisa menambah, mengedit, dan menghapus sata siswa. data siswa yang akan diolah seperti Nama Niswa, NIS, NISN, jenis kelamin, agama dan yang lainnya.

Poto Siswa

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkon poto untuk masing-masing siswa.

Skor Pelanggaran / Poin Pelanggaran

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkan, mengedit atau menghapus data jenis pelanggaran meliputi Kode Pelanggaran, Jenis Pelanggaran, Poin Pelanggaran dan Sanksi Pelanggaran.


Skor Prestasi / Poin Prestasi

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkan, mengedit atau menghapus data jenis prestasi siswa meliputi Kode Prestasi, Jenis Prestasi, Poin Prestasi dan Bonus Prestasi.

Skor dan Sanksi

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkan, mengedit atau menghapus Sanksi untuk jumlah poin tertentu. poin di sini akan digunakan pada perhitungan total poin keseluruhan pelanggaran siswa.

Siswa Melanggar

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkan, mengedit atau menghapus Siswa-siswa yang telah melakukan pelanggaran. Data pada form ini meliputi Data Siswa, Data Pelanggaran, Tanggal Pelanggaran dan Keterangan.

Siswa Berprestasi

Pada form ini pengguna aplikasi ini bisa menambahkan, mengedit atau menghapus Siswa-siswa berprestasi. Data pada form ini meliputi Data Siswa, Data Prestasi, dan Keterangan.

Cetak Laporan

Pada form ini pengguna aplikasi ini mencetak laporan-laporan yang dihasilkan dari input data pada form-form sebelumnya di atas. 

LAPORAN-LAPORAN APLIKASI TATIBs 

Laporan Total Poin Pelanggaran

Laporan ini memberikan informasi total poin pelanggaran siswa berdasar keseluruhan pelanggaran-pelanggaran siswa tersebut

Laporan Detail Pelanggaran

Laporan ini memberikan informasi detail pelanggaran masing-masing siswa yang berisi tanggal pelanggaran, jenis pelanggaran, dan poin pelanggaran. 

Pelanggaran Berdasar Tanggal

Berisi informasi tentang pelanggaran-pelanggaran siswa yang terjadi pada tanggal yang ditentukan.

Sanksi

Fitur ini membantu dalam menentukan sanksi siswa berdasar total poin pelanggaran atau hasil poin yang merupakan pengurangan poin pelanggaran dengan poin prestasi siswa.

Dan masih ada lagi beberapa laporan yang bisa dihasilkan aplikasi Tatibs baik berupa poin prestasi ataupun pelanggaran siswa.

Laporan-laporan Lainnya

  • Data siswa
  • Data pelanggaran
  • Data prestasi 
  • Data sanksi
  • Laporan total poin pelanggaran
  • Laporan total poin prestasi
  • Laporan hasil poin (total poin pelanggaran - total poin prestasi)
  • Detail pelanggaran
  • Detail prestasi
  • Pelanggaran berdasarkan tanggal
  • Sanksi

 FITUR TAMBAHAN 

Menu tambahan di aplikasi TATIBs dibuat untuk melengkapi kebutuhan pengguna aplikasi ini. Contohnya seperti pembuatan password untuk keamanan data, Warna Form untuk mengubah warna aplikasi dan fitur yang lainnya yang akan kita bahas beserta cara penggunaannya.

Backup Data

Backup Data digunakan untuk membuat data backup sebagai arsip database aplikasi TATIBs. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan data pelanggaran dan prestasi siswa yang telah diinput dari komputer satu ke komputer atau laptop lainnya.

Untuk membuat Database Backup klik tombol Backup Data lalu pada jendela Save Dialog tentukan letak penyimpanan file database backup dan nama file database backup lalu kill tombol Save

Backup data sebaiknya dilakukan secara rutin dan file hasil backup langsung diamankan atau diunggah ke cloud seperti google drive, onedrive atau sejenisnya.

Restore Backup

Jika suatu saat komputermu rusak atau kamu harus mengganti komputer, kamu masih bisa mengakses data yang sudah kamu input sebelumnya di aplikasi TATIBs dengan fitur Restore Backup. Fitur ini digunakan untuk merestore Kembali data yang sudah kamu backup sebelumnya dengan menggunakan Fitur Backup Data seperti yang telah dijelaskan di atas.

Untuk mengakses fitur Restore Backup klik tombol Restore Backup, lalu pada jendela Open Dialog cari file database backup yang sudah kamu buat sebelumnya lalu kill tombol Open.

Fitur ini akan mengganti sepenuhnya data yang sudah ada di aplikasi TATIBs dengan data yang ada di file database backup. Jadi restore backup tidak menambah data yang ada di aplikasi TATIBs tapi mengganti data dengan data yang baru.

Buat Password

Untuk mencegah orang lain membuka dan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat password dengan menggunakan fitur ini.

Untuk membuat password klik tombol Buat Password lalu masukkan password yang ingin kamu gunakan di kolom password dan mengulangi lagi memasukkan password di kolom konfirmasi password setelah itu klik tombol OK. Lalu restart aplikasi untuk mengaktifkan proteksi.

Untuk mengganti dan menghapus password kamu bisa klik tombol Ganti Password lalu masukkan Password Lama, Password Baru dan Konfirmasi Password Baru lalu klik tombol OK. Jika kamu ingin menghapus password kamu bisa kosongkan Password Baru dan Konfirmasi Password Baru.  

Warna Form

Jika kamu ingin mengganti tampilan aplikasi kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengganti warna. Fitur ini dapat mengatur tampilan warna form berupa Warna Menu, Warna Tombol Default, Warna Tombol Focus, Warna Tombol Klik, Warna Latar, Warna Form, dan Warna Garis Form.

Dengan fitur ini kamu juga bisa memindahkan efek bayangan ke kiri atau ke kanan dengan menggunakan tombol anak panah pada menu Bayangan Form atau kamu juga bisa mengurangi dan menambah gelap terang bayangan dengan tombol berwarna putih dan hitam yang berada di samping tulisan Bayangan Form.

10 komentar untuk "Aplikasi Tata Tertib Sekolah (TATIBs 4.0) | Poin Pelanggaran Siswa"

  1. Kode Registrasinya apa bang?
    Mohon Share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode registrasi tergantung nama sekolah,
      bisa hubungi saya ke WA 081997801642

      Hapus
  2. Apakah ada Tatibs versi web / online?

    BalasHapus
  3. Apakah ada Tatibs versi web atau online?

    BalasHapus
  4. saya dulu pernah beli aplikasi ini,tahun 2018 lama tdk saya gunakan,sekarang mau saya aktifkan lagi dan kode aktifasinya masih ada,tapi selalu tidak bisa,apakah bpk bisa bantu lagi atau harus beli lagi aktivasi baru lagi

    BalasHapus