Menambah Mata Pelajaran di Aplikasi Raport K13 - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah Mata Pelajaran di Aplikasi Raport K13

Di antara kelebihan yang dimiliki aplikasi G-Raport K13 dibanding dengan Aplikasi Raport K13 lainnya adalah pengguna aplikasi ini dapat mengolah mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah atau madrasah. Pengguna bisa Menambah, Mengedit dan Menghapus mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan.

Form Mata Pelajaran dan Nilai (G-Raport K13)

Dengan tampilannya yang sangat sederhana pengguna G-Raport K13 hanya butuh sedikit penjelasan untuk bisa mengolah mata pelajaran yang ada di aplikasi ini. 

 Menambah Mata Pelajaran 

Ketika menginstall aplikasi G-Raport K13 Jumlah mata pelajaran hanya beberapa saja yang digunakan sebagai contoh. Untuk itu agar jumlah mata pelajaran sesusai dengan kebutuhan di sekolah Anda bisa menambahkan mata pelajaran sendiri di aplikasi ini. Untuk menambah mata pelajaran pada aplikasi G-Raport K13 ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Isi nama mata pelajaran, KKM Pengetahuan dan KKM keterampilan
  2. Klik OK atau tekan Enter

Mata Pelajaran yang baru saja ditambahkan akan terlihat di data mata pelajaran yang ada di sebelah kiri, atau di bawah text box pengisian Mata Pelajaran dan KKM ketika menambahkan Mata Pelajaran.

 Edit Mata Pelajaran 

Jika terjadi kesalahan ketika menambahkan mata pelajaran, baik itu Nama Mata Pelajaran ataupun KKM, anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengubah nama Mata Pelajaran dan KKM yang sudah sudah anda tambahkan. 

Mengedit Mata Pelajaran setelah memasukkan nilai siswa tidak akan merubah nilai siswa. Nilai siswa akan tetap sama dan tidak akan tertukar dengan Mata Pelajaran lainnya.

Untuk mengedit Mata Pelajaran pada aplikasi G-Raport K13 ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pilih mata pelajaran yang akan diedit
  2. Klik tombol Edit
  3. Ubah data mata pelajaran yang ingin diubah (nama maple, KKM Pengetahuan atau KKM Keterampilan)
  4. Klik OK atau tekan Enter

 Menghapus Mata Pelajaran 

Sebelum menghapus mata pelajaran, pastikan bahwa anda memang sudah yakin ingin menghapusnya karena menghapus mata pelajaran akan menghilangkan semua nilai yang telah diisi pada mata pelajaran yang dihapus.

Jika anda ingin menghapus mata pelajaran pada aplikasi G-Raport K13, lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Pilih mata pelajaran yang akan diedit
  2. Klik tombol Hapus
  3. Pada pesan konfirmasi pilih/klik yes

 Mengurutkan Mata Pelajaran 

Salah satu hal kadang ditanyakan oleh pengguna G-Raport K13 adalah cara mengurutkan mata pelajaran. Meskipun bagi sebagian pengguna G-Raport K13 fitur ini sudah terlihat jelas tapi ada juga beberapa pengguna kesulitan menemukan cara mengurutkan mata pelajaran.

Mengubah urutan mata pelajaran pada G-Raport K13 setelah menginput nilai tidak akan merubah nilai yang telah diinput. Nilai akan tetap sesuai pada masing-masing pelajaran sebelum diubah urutannya.

Langkah-langkah mengurutkan mata pelajaran pada aplikasi G-Raport K13 adalah sebagai berikut :

  1. Pada Form Utama klim tombol mata pelajaran. 

  2. Kemudian akan muncul form mata pelajaran, pada form mata pelajaran klik tombol Atur Urutan Mapel yang terletak di bawah daftar mata pelajaran yang telah diinput. 

  3. Setelah muncul form pengaturan urutan mata pelajaran, klik tombol panah atas atau panah bawah pada masing-masing kelompok mapel untuk mengubah urutan maple. Setelah urutan sesuai dengan yang diinginkan klik tombol OK. 

Baik teman-teman, sekian penjelasan kali ini tentang cara menambahkan mata pelajaran di aplikasi G-Raport K13. Semoga aplikasi ini dapat membantu pekerjaan anda dalam mengisi Raport Siswa. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Menambah Mata Pelajaran di Aplikasi Raport K13"